Informasi Pemilu 2024 Legislatif DPRRI

7.706 Petugas PTPS Jember Resmi Dilantik

Jember, Temanandika.com – Sempat ditunda, 7.706 Petugas PTPS Jember Resmi Dilantik untuk Pemilu 2024.

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Jember menggelar acara pelantikan yang mengesankan pada Senin (22/1/2024) dengan melibatkan ribuan anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Ajang tersebut menyaksikan pelantikan serentak sebanyak 7.706 PTPS yang tersebar di 31 kecamatan di seluruh Kabupaten Jember.

Yoyok Adi Pranata, Komisioner Bawaslu Divisi SDMO dan Diklat, menjelaskan bahwa pelantikan PTPS ini diselenggarakan oleh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di masing-masing kecamatan.

Meski begitu, Yoyok mengakui bahwa jumlah anggota PTPS per kecamatan yang cukup besar memungkinkan pelaksanaan pelantikan di luar kantor kecamatan.

“Kami memilih gedung-gedung yang dapat menampung banyak orang, mengingat setiap kecamatan memiliki PTPS hingga mencapai 400 orang,” ujar Yoyok dengan ramah.

Sebelumnya, pengumuman petugas PTPS sempat ditunda karena adanya petunjuk teknis terbaru dari Bawaslu RI. Selain itu, terdapat enam desa yang belum memenuhi kuota karena beberapa calon PTPS mengundurkan diri.

“Kami memutuskan untuk membuka perpanjangan pendaftaran karena Kecamatan Jombang belum mencapai jumlah PTPS yang dibutuhkan,” jelasnya.

Setelah dilantik, para petugas PTPS akan menjalani bimbingan teknis (bimtek) guna memantapkan keterampilan pengawasan mereka selama Pemilu berlangsung, bahkan hingga 7 hari setelahnya.

“Kami akan menyelenggarakan bimbingan teknis di masing-masing kelurahan agar bimtek ini berjalan lebih efektif, mengingat jumlah pesertanya yang cukup besar per kecamatan,” ungkap Hisyam Wahyu Aditya, Koordinator Sekretariat Bawaslu Jember, saat ditemui di acara pelantikan PTPS Kecamatan Patrang.

Baca Juga : Caleg DPR RI Dapil Jatim 4 Jember – Lumajang

Tugas utama para petugas PTPS nantinya adalah mengawal logistik pemilu dari kelurahan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing, serta mengawasi jalannya proses pemungutan suara. Dengan semangat baru yang ditanamkan melalui bimtek, diharapkan PTPS dapat melaksanakan tugas mereka dengan lebih efisien dan profesional.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
× Saran & Masukkan